10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern

Kita semua mungkin menderita phobia kecil yang masih dianggap wajar seperti misalnya phobia kecoak,laba-laba atau hewan-hewan lainnya , tapi  sebagian orang di belahan bumi ini menderita phobia yang dianggap tidak wajar . Berikut ini  10 phobia yang paling tidak biasa yang menimpa orang-orang di zaman modern. Jika Anda menderita salah satu phobia ini, pastikan untuk memberitahu kami tentang hal itu di kolom komentar.

1.Agyrophobia (memiliki rasa takut melintasi Jalan )

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern

Agyrophobics memiliki rasa takut untuk jalan melintasi jalan, jalan raya dan jalan lainnya, Hal ini, tentu saja, membuatnya sangat sulit untuk hidup nyaman di kota. Katanya berasal dari gyrus Yunani yang berarti memutar atau berputar sebagai phobia yang menghindari pusaran lalu lintas. phobia ini meliputi beberapa kategori, dimana penderita mungkin takut jalan lebar,atau jalan satu jalur dan juga dapat mencakup takut menyeberang jalan atau persimpangan di jalan mana saja .

 

2. Mageirocophobia (Takut Memasak)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
Mageirocophobia adalah rasa ketakutan berlebihan terhadap aktivitas memasak. Terkadang, phobia ini diasosiasikan dengan tindakan memasak untuk orang lain atau kelompok yang besar. Namun, pada beberapa kasus ekstrem ditemukan, penderitanya bahkan tidak bisa memasak makanan yang sederhana seperti roti panggang,telur goreng atau  bahkan memasak nasi sekalipun.
 

3.Pediophobia (Takut Boneka)

 
Pediophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap boneka. Tidak hanya boneka seram yang memang menakutkan,melainkan phobia terhadap semua boneka. Sebenarnya, rasa takut ini  adalah "representasi palsu makhluk hidup" sehingga juga biasanya mencakup robot dan boneka,sehingga mereka sangat sulituntuk pergi berbelanja dimana terdapat banyak boneka atau robot.

 

4.Deipnophobia (Takut menghadiri jamuan makan malam)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
 
Boleh dibilang setiap orang pernah mengalami kecemasan tentang jamuan yang akan mereka hadiri. Siapa yang akan datang? Dengan siapa yah nanti saya akan bicara? Apa yang akan kami bicarakan? Namun, mereka yang menderita Deipnophobia boleh dikata selalu memiliki ketakutan irasional tentang semua itu sehingga mereka cenderung menolak undangan makan malam.
 

5.Eisoptrophobia (Takut Cermin)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
 
Eisoptrophobia adalah ketakutan terhadap cermin dalam arti luas, atau lebih khusus takut dimasukkan ke dalam kotak di dalam dunia spiritual melalui cermin. Penderita mengalami kecemasan yang tidak semestinya meskipun mereka menyadari ketakutan mereka berlebihan. Karena ketakutan mereka sering didasarkan pada takhayul, mereka mungkin khawatir bahwa bercermin akan membawa nasib buruk atau  melihat ke cermin akan menempatkan mereka dalam kotak di dalam dunia spiritual dalam kaca. 

Setelah menulis phobia ini saya menyadari bahwa saya juga menderita bentuk kecil dari phobia ini, saya tidak suka melihat ke dalam cermin di malam hari ketika saya sendirian karena takut melihat seseorang (atau sesuatu) di belakang saya.

 

6.Demonophobia (Ketakutan Berlebihan terhadap setan)


10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
Demonophobia adalah ketakutan berlebihan dan terus-menerus terhadap makhluk gaib yang jahat. Mereka yang menderita phobia ini sadar ketakutan mereka berlebihan atau tidak rasional. Namun demikian, mereka menjadi terlalu cemas ketika membahas setan, ketika menjelajah sendirian ke hutan atau rumah yang gelap, atau ketika menonton film-film tentang kerasukan setan dan eksorsisme. Penderita kemungkinan besar akan sering membawa bawang putih di leher mereka, salib, kayu pancang yang mereka bawa, dan pistol sarat dengan peluru perak. 
 

7.Pentheraphobia (Ketakutan Berlebihan Terhadap mertua)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
Dari semua phobia yang ada pada daftar ini, pentheraphobia  mungkin adalah yang paling umum diderita.Orang yang menderita pentheraphobia sangat takut pada ibu mertua. Ketakutan ini adalah salah satu yang sangat umum di dunia Barat, yang bahkan sering muncul dalam film dan bentuk hiburan lainnya. Dari sekian banyak terapi yang tersedia untuk penyakit ini, perceraian tampaknya menjadi yang paling populer. Sebuah fobia yang terkait dengan pentheraphobia adalah novercaphobia yang merupakan rasa takut pada sosok ibu tiri. penderita yang paling terkenal adalah Cinderella.

 

8. Arachibutyrophobia (takut pada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
Meski terdengar sangat aneh, namun tak sedikit yang mengalami phobia langka tersebut. Orang yang menderita arachibutyrophobia sangat takut pada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Ketakutan ini sering berakar pada fobia yang lebih umum seeprti takut tersedak atau takut pada tekstur lengket. Seperti halnya semua jenis fobia, penderita arachibutyrophobia memiliki tingkat keparahan yang bervariasi. Beberapa orang masih dapat mengonsumsi sedikit selai kacang, sementara yang lain takut untuk mencoba selai kacang sama sekali. Dalam beberapa kasus, ketakutan ini meluas pada seluruh produk yang terbuat dari kacang.
 

9.Cathisophobia (Takut Duduk)

10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern
 
Cathisophobia adalah fobia duduk dan juga dikenal dengan sebutan Thaasophobia. Ketika seseorang takut duduk, mereka mungkin benar-benar memiliki kecemasan berlebihan tentang terjebak, atau tidak mampu untuk duduk diam. Duduk mungkin menjadi sumber kecemasan mereka karena itu bisa terasa sangat menyakitkan atau tidak nyaman. Bagi orang-orang yang lebih muda, fobia duduk sering dihubungkan dengan rasa takut terjebak. Orang-orang muda memiliki kecenderungan untuk memberontak terhadap kontrol, dan duduk diam di ruang kelas sering dapat menjadi pemicu utama untuk cathisophobia pada anak-anak dan remaja.
 

10. Automatonophobia (rasa takut pada benda yang menyerupai manusia)

 

Automatonophobia dapat didefinisikan sebagai rasa takut pada patung lilin, robot manusia, dan hal-hal yang mewakili sosok manusia. Ketakutan ini dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara. Fobia yang mirip dengan automatonophobia adalah pupaphobia yaitu takut boneka. Sampai saat ini, belum ada teori yang menjelaskan tentang apa penyebab dari automatonophobia.



Demikianlah  10 phobia  yang Sangat Aneh di Zaman Modern. Jika phobia itu mulai mengganggu kehidupan Anda, berkonsultasilah dengan psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat.

dari berbagai sumber

12 Responses to "10 Phobia yang Sangat Aneh di Zaman Modern"

  1. Waduh phobia duduk berarti kaga duduk" donk set kaga pegel apa yak? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, penyakit yang ditimbulkan akibat " tidak duduknya" lebih bahaya daripada phobianya

      Hapus
  2. penegtahuan saya tentang phobia nambah nih, takj kirain phobia itu cuman yang seperti yang saya alami. phobia ular...hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga phobia singa, buaya, harimau hehehe

      Hapus
  3. kalo aku phobia cicak gan hehehe rasanya geli geli gmana gituh iiiiiiiii ..
    salam kenal

    BalasHapus
  4. alhamduillah, daari 10 phobia yg d sbutkan tdk ada yg dang sy alami

    BalasHapus
  5. jaman makin canggih, phobia malah bikin manusia makin primitif! ;)

    BalasHapus
  6. wah yg parah tuh Takut menghadiri jamuan makan malam,ama takut cermin deh mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh mas yanto,,, kalau yang takut itu cowok gimana yaa.. waktu di jamu makan makan malam sama keluarga ceweknya... pasti yang ada batal lah...

      Hapus
  7. duuhh bener-bener aneh ne... bila saja ada orang seperti ini.. yang ane takut duduk... waduuh jadi berdiri aja tuh orang nya.... :)

    BalasHapus

Untuk Menghindari SPAM dan Kata-kata Yang Tidak Sopan, Komentar Anda Akan di Moderasi Terlebih Dahulu .Terima Kasih